Dental Unit


Dental unit merupakan sarana utama bagi dokter gigi yang perlu ada agar dapat bekerja, namun sayangnya alat yang satu ini mahal sekali harganya, yang termurah belasan juta dengan kelengkapan dan kualitas seadanya sedangkan yang termahal bisa milyaran harganya. Makanya ada anekdot dikalangan mahasiswa kedokteran gigi — sebagian besar gadis– untuk meminta dental unit sebagai mas kawin agar setelah nikah bisa langsung berkarir.

Bagi dokter muda yang masih ikut praktek  di tempat orang memiliki dental unit merupakan cita-cita yang terus diperjuangkan, bila punya alat yang satu ini maka karir sebagai dokter gigi tembak yang menanti belas kasihan para senior dapat segera diakhiri.

Bila kita datang ke pameran alat dan bahan kedokteran gigi, hampir pasti disana akan dipajang aneka macam dental unit, secara umum bentuknya hampir sama hanya kelengkapannya saja yang berbeda-beda.

Bagian utama dari dental unit adalah kursi giginya, saat ini yang sedang mode dan dianggap sesuai dengan persyaratan adalah model pasien tidur dan bukan model pasien duduk seperti dental unit tempo dulu yang serupa dengan kursi tukang cukur zaman Belanda. Ada dua kemampuan standar dari kursi gigi ini yaitu bisa dinaik-turunkan tempat duduknya dan bisa direbah-berdirikan sandaran-nya. Bagian kedua adalah perlengkapan intrumennya yang biasanya  terletak dekat meja tempat alat (bracket table),  dental unit paling sederhana umumnya hanya memiliki pemutar handpiece, semprotan angin,  tempat gelas dan kumur pasien (spittoon unit), serta sebuah lampu sorot. Dental unit yang paling lengkap dilengkapi dengan semprotan angin, handpiece untuk low dan hight speed, ultrasonic scaler, light curing unit, saliva ejector, vacuum valve, tempat membaca foto rongent (intra oral film viewer), tempat gelas dan tempat pasien (spittoon unit), dan lampu sorot.

Dental unit lama biasanya mengunakan listrik sebagai tenaga pengerak sedangkan dental unit masa kini hampir semuanya mengunakan tekanan udara sebagai tenaga pengerak, itulah sebabnya kompresor merupakan  alat ikutan yang selalu menyertai setiap dental unit, pada beberapa dental unit ada yang tidak perlu dilengkapi kompresor tapi cukup dengan gas dalam tabung saja seperti yang dipakai tukang las. Perlengkapan penyerta lainnya adalah operating stool yaitu kursi tempat duduk dokter gigi yang umumnya memiliki kemampuan memutar dan naik turun.

Perbedaan kelengkapan seperti inilah yang umumnya menjadi penyebab perbedaan harga antar dental unit, selain tentu saja merek dan negara asal produksinya. Saat ini dipasaran beredar dental unit buatan luar negeri maupun lokal, untuk yang lokal terbagi 2 macam yaitu yang buatan pabrik besar serta yang buatan tangan industri kecil. Mana yang paling baik untuk dipilih, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan dental unit mana yang akan dibeli.

Untuk menentukan dental unit mana yang akan dibeli dari sekian banyak pilihan maka kita harus menilai dental unit tersebut dari berbagai sudut pandang. Untuk mempermudah buatlah matriks faktor-faktor yang akan dinilai, bobot tiap faktor, serta nilai masing-masing faktor, belilah dental unit dengan skor terbesar.

Bobot tiap faktor kita tentukan sendiri berdasarkan urutan prioritas yang diutamakan misalnya faktor harga penting maka beri bobot besar pada butir itu, sedangkan nilai diberikan berdasarkan hasil perbandingan antar dental unit; perkalian kedua angka ini menghasilkan skor sebuah dental unit.

Butir pertama yang dinilai adalah kualitasnya, caranya dengan melihat apakah dental unit tersebut dibubuhi tanda memenuhi persyaratan ISO atau tidak, untuk produk lokal lihat apakah dibubuhi tanda SNI atau tidak. Adanya tanda ISO dan SNI menandakan produk tersebut telah lolos standar minimal yang ditetapkan.

Merek dan negara penjual perlu diperhatiakan untuk menilai apakah dental unit tersebut sudah teruji keandalannya atau belum, untuk merek lama bisa ditanyakan pada dokter gigi lain yang telah mengunakannya, untuk merek baru terpaksa harus berspekulasi.

Hal penting yang ketiga adalah pelayanan purna jual karena dental unit pasti akan rusak suatu saat, pilihlah dental unit yang dijual oleh toko dental yang sudah kita kenal, hati-hati bila membeli di pameran karena banyak penjual yang tidak memiliki jaringan pelayanan purna jual.

Faktor berikutnya adalah harga, kelengkapan instrumen, desain, kenyamaan penggunaan, dan bonus optional, silahkan dinilai seuai selera masing-masing; jangan sekali-kali menyuruh orang lain untuk menilai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s