Perawatan Kosmetik gigi


Semua orang pasti menginginkan senyum yang cantik dan sempurna. Gigi yang cantik akan membuat penampilan kita menjadi lebih menarik, lebih percaya diri dan terlihat lebih muda . Menurut survey Emnid (2002), gigi yang cantik memberikan dampak yang paling besar pada penampilan seseorang baru kemudian disusul dengan kecantikan kulit, tubuh yang indah dan rambut yang indah.

Kriteria gigi yang cantik adalah:

  1. Gigi harus sehat terlebih dahulu.
  2. Susunan, bentuk dan warna gigi baik.
  3. Gigi harus dapat berfungsi dengan baik

Ketiga kriteria ini harus ada dan tidak terpisahkan untuk memperoleh kosmetik gigi yang ideal.
Ilmu yang mempelajari kosmetika gigi disebut dengan Cosmetic Dentistry. Cosmetic Dentistry adalah ilmu dan seni yang mempelajari bagaimana mempercantik senyum yang dapat mengubah penampilan kita.
Banyak orang berpendapat prosedur perawatan kosmetik gigi hanya memperbaiki kecantikan saja. Pendapat itu salah. Sesuai dengan tiga kriteria gigi yang cantik ideal di atas, maka tujuan perawatan kosmetik gigi tidak hanya mengubah gigi menjadi cantik natural atau mengubah penampilan senyum seseorang, tetapi juga gigi itu harus menjadi sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Bahan yang digunakan harus yang kuat dan dapat bertahan lama.

Saat gigi yang sudah cantik itu digunakan untuk mengunyah dan berbicara maka kontak semua gigi harus baik sehingga dapat berfungsi dengan baik dan ideal.

Hasil perawatan kosmetik gigi akan memberikan makna bagi kehidupan pribadi seseorang dan menunjang profesionalisme sehingga tampil lebih percaya diri, kuat, gembira sehingga dapat diterima di lingkungan dan memiliki banyak relasi / sahabat.

Banyak dokter gigi yang mengerjakan kosmetika gigi tanpa memiliki keahlian khusus sehingga banyak kasus kosmetik gigi yang tidak tertangani dengan teknik, keahlian dan proses yang up to date.

Sebagai pasien kita harus dapat meyadari dan memilih tenaga drg yang tepat . Keberhasilan perawatan kosmetik gigi tergantung pada keahlian drg , penggunaan bahan dan lab yang berkualitas tinggi.
Apakah anda membutuhkan perawatan kosmetik gigi? Berdirilah di depan cermin kemudian tersenyum kecil dan lebar. Cobalah dari berbagai sudut.

Berikut ini adalah alasan-alasan yang paling sering dikemukakan mengapa orang tidak puas dengan senyum mereka sehingga memerlukan perawatan kosmetik gigi.

Apakah ada space / diastema pada gigi depan ?

Apakah warna gigi yang tidak baik?
Biasanya ini terjadi karena konsumsi antibiotika jenis tetrasiklin saat terjadi pertumbuhan gigi

Apakah bentuk dan susunan gigi tidak baik?

Apakah gusi lebih banyak terlihat saat tersenyum / gummy smile?

Apakah bentuk dan tinggi gusi tidak teratur?

Apakah ukuran gigi terlalu kecil?

Apakah ukuran gigi terlalu panjang?

Apakah susunan gigi tidak baik?

Apakah midline gigi depan tidak tepat di tengah garis muka dan hidung?

Apakah gigi taring terlihat menonjol & panjang?

Apakah gigi mengalami atrisi / aus?

Apakah ada gigi-gigi yang hilang?

Apakah gusi terlihat turun?

Apakah tambalan lama sudah terlihat buruk?

Apakah crown gigi terlihat palsu dan tidak natural?

Apakah gigi terlihat berubah warna setelah perawatan saraf gigi?

Apakah ada beberapa gigi yang rusak karena erosi?

Apakah gigi depan tampak maju ?

Apakah gigi-gigi mengalami karies yang cukup luas?

Apakah ada tambalan lama yang perlu diganti?

Apakah masih memiliki gigi susu yang tidak tanggal?

Apakah ada bintik putih / white spots karena hypokalsifikasi?

Apakah ada gigi yang overlap?

Apakah rahang bawah terlihat lebih maju?

Apakah gigi mengalami abrasi karena pemakaian sikat gigi?

Apakah insisal / ujung gigi terlihat aus?

Apakah ada kelainan bentuk enamel / mottled enamel?

Apakah ada gigi yang tidak ada karena kongenital / bawaan.

Apakah insisal gigi terlihat tipis?

Apakah anda ingin mengubah tambalan amalgam lama dengan tambalan putih natural sewarna gigi ?

Jika salah satu jawaban di atas adalah ya, maka anda membutuhkan perawatan kosmetik gigi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan drg kosmetik. Perawatan kosmetik gigi tidak selalu berdiri sendiri , terkadang membutuhkan tindakan drg spesialis lain terlebih dahulu seperti implant dan ortodonti. Setelah prosedur implant dan ortodonti selesai, barulah drg kosmetik menyelesaikan dan menyempurnakannya.

Ada beberapa tindakan perawatan kosmetik gigi seperti:

  1. Whitening /Pemutihan Gigi : Untuk memperbaiki warna gigi agar terlihat lebih cerah dan natural. Ada beberapa metode whitening seperti dengan sinar, dilakukan sendiri di rumah dengan pengawasan dokter gigi dan kombinasi keduanya. Prosedur ini aman dan tidak ada efek samping jika dilakukan dan diawasi oleh dokter gigi. Warna gigi yang cerah dan natural membuat senyum menjadi cantik , segar dan lebih muda dari usia sebenarnya.
  2. Bonding: untuk memperbaiki bentuk gigi yang sedikit gompel, gigi yang karies dan gigi yang diastema / bercelah. Selain dapat memperbaiki bentuk gigi, bonding juga dapat memperbaiki warna gigi.
  3. Porcelain Veneers: pada beberapa kasus yang tidak dapat dirawat dengan bonding, maka porcelain veneers pilihannya. Prosedurnya cepat, painless dan hasil yang memuaskan. Porcelain veneers dapat memperbaiki bentuk gigi, warna gigi, susunan gigi dan ukuran gigi. Prosedur ini sangat popular karena hasil yang memuaskan tanpa membuang banyak jaringan gigi. Jaringan gigi yang diambil hanya setebal kulit telur, dicetak dan porcelain dikerjakan di lab, biasanya selesai dalam satu minggu.
  4. Porcelain Crown & Porcelain Fused Metal Jacket Crown: Pada keadaan struktur jaringan gigi yang tidak cukup kuat, fungsi gigi tidak baik sehingga tidak mungkin dilakukan veneer, maka jacket crown adalah solusinya. Untuk gigi depan dianjurkan bahan full porcelain sedangkan gigi belakang dapat memakai bahan porcelain fused metal.
  5. Inlay / Onlay: untuk kasus gigi belakang dengan karies atau gompel tetapi masih memiliki struktur jaringan gigi yang kuat.

Prosedur kosmetik gigi dapat diselesaikan satu kali kunjungan untuk whitening , composite crown , composite veneer dan direct composite inlay / onlay. Untuk tindakan porcelain veneer, porcelain crown, porcelain fused metal crown, adoro onlay, porcelain fused metal inlay / onlay minimal dua kali kunjungan.

Prosedur Cosmetic Dentistry mampu menyelesaikan dan memperbaiki semua situasi dan kondisi gigi anda sehingga tidak hanya cantik natural, tetapi juga sehat dan dapat berfungsi dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi emosional, psikologi dan profesionalisme seseorang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s